15 November 2019 Waduk Gunung Rowo Pati yang Memukau

Waduk Gunung Rowo Pati yang Memukau

Waduk Gunung Rowo merupakan bendungan yang terletak di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong. Waduk ini terletak di lembah di antara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria sebelah timur. Luas areal area waduknya sekitar +320 Ha (Wikipedia) .

Waduk Gunung Rowo  mampu menampung air sekitar 5,5 juta meter kubik, sekaligus juga sebagai suplai bagi Waduk Seloromo. Waduk Gunung Rowo bersama Waduk Seloromo mampu mengairi sawah seluas sekitar 10.000 hektare, yang tersebar di wilayah Kecamatan Margorejo, Gembong, Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu, dan Pati.

Karena keindahan alamnya, maka tak heran kalau waduk ini sering digunakan warga Pati dan sekitarnya sebagai tempat wisata alternatif yang cukup menarik. Ya, para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya datang di hari Minggu dan di hari-hari libur lainnya.

Sesampainya di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati panorama pegunungan, danau, serta pohon-pohon nan hijau yang berpadu apik menjadi suatu keindahan yang luar biasa. Waduk Gunung Rowo ini juga sering dijadikan sebagai spot memancing bagi warga sekitar. Tak hanya itu, di tempat ini pun juga sudah disediakan gazebo-gazebo kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh. Dan jika perut terasa lapar, kamu bisa menikmati sajian kuliner ikan air tawar yang banyak diperjual-belikan di sekitar lokasi waduk.

waduk gunung rowo wisata kabupaten pati jawa tengah
Waduk Gunung Rawa foto dari @dadanglaksana

Di sebelah timur waduk ini terdapat tanggul penahan air yang sekaligus berfungsi sebagai jalan raya untuk kendaraan yang melintasi waduk. Bila kita berdiri di atas tanggul dan menghadap ke timur, kita bisa melihat Laut Jawa secara jelas apabila cuaca sedang dalam kondisi cerah.

Lokasi waduk sangat mudah dijangkau dari Kota Pati sebagai ibukota kabupaten. Dengan banyaknya angkutan kota yang tersedia sampai sore hari, dengan satu kali naik angkutan (Jurusan Pati – Gunung Rowo) sampailah kita ke ujung jalan yang merupakan pintu masuk Waduk Gunung Rowo. Juga bagi yang membawa kendaraan pribadi akan mudah karena tidak banyak persimpangan yang harus di lalui dan hanya mengkuti satu jalan utama yang akan mengantar kita sampai ke lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.