15 Agustus 2019 wisata pantai banyutowo pati

Sunset dan Sunrise di Pantai Banyutowo, Pati

Pantai Banyutowo berada di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Desa Tersebut dinamakan Banyutowo Karena dahulu desa tersebut kesulitan mendapatkan air tawar karena seluruh daerah air payau. Hanya ada sumur air manis dan kemudian daerah di mana sumur dijuluki banyutowo (banyu: air, towo: tawar).

Artis Soimah Pancawati dahulu lahir dan besar di desa ini, maka ada yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Soimah.

Pantai yang dulunya memang hanya dijadikan tempat untuk berlabuh kapal-kapal nelayan milik warga setempat ini ternyata banyak belakangan ini wisatawan membidik Pantai Banyutowo untuk dijadikan pilihan berlibur.

Tidak lain karena di Pantai Banyutowo, wisatawan dapat menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore harinya.

wisata pantai banyutowo pati
foto by www.lihat.co.id

 

Waktu Terbaik Berkunjung

wisata pantai banyutowo pati
foto by ©Litalia/wisatawan.iD

 

Pesonanya lengkap. Ada sunrise dan sunset. Jadi siapapun yang berkunjung tinggal memilih. Ingin menikmati sunrise atau sunset. Dua-duanya sama indahnya. Tetapi jika ingin mendapat dua lukisan cahaya di langit dan lautan, berkunjung sehabis subuh menunggu mentari muncul adalah waktu terbaik. Toh udaranya juga tak begitu dingin.

Menunggu kemunculan mentari pagi, bisa dilakukan sambil duduk di tepi pantai di atas beton hasil reklamasi pemerintah beberapa tahun yang lalu. Sebagai hasil proyeksi pelabuhan yang kabarnya akan menggantikan pelabuhan Juwana meski sampai sekarang belum ada kabar kelanjutanya. Siapapun yang berkunjung pasti tak akan sendirian. Banyak pengunjung lain pagi-pagi buta menunggu sunrise. Bahkan jalanan sering macet dan terlambat datang harus kecewa karena tak bisa masuk. Padahal tak ada biaya masuk jika anda ingin berkunjung.

Wisata Hasil Laut

Pantai banyutowo kaya akan hasil laut. Ada banyak jenis ikan yang selalu di tangkap oleh para nelayan setiap hari. Mulai dari tuna, cumi-cumi, kepiting, udang dan lain sebagainya. Jika anda ingin menikmati, harga yang ditawarkan juga relatif murah. Bahkan jika di bandingkan dengan daerah lain, di sini jauh lebih murah.

Walau memang masih jarang warung-warung makan yang menyediakan hasil olahan laut. Jadi jika anda membeli, yang anda beli masih dalam keadaan segar dan belum matang. Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu. Keadaan masih mentah inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung pantai Banyutowo. Para pengunjung biasanya ramai-ramai membakar ikan di tepi pantai pada sore hari. Sensasi membakar ikan dan menyantapnya langsung di tepi pantai begitu luar biasa. Sensasi udara sejuk di tambah aroma ikan bakar akan menggoda anda.

Cara Menuju Pantai Banyutowo

Untuk menuju ke Pantai Banyutowo dapat ditempuh dengan cara : dari arah kota, Anda dapat naik bus kemudian berhenti di Terminal Tayu, Alun-alun Tayu. Kemudian naik angkutan kecil yang menuju ke jurusan Puncel. Ketika sampai di Desa Dukuhseti, Koplakan Jaran Anda kemudian berhenti lalu naik dokar untuk menuju arah Pantai Banyutowo.

Peta menuju Pantai Banyutowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.