13 Mei 2019 sego tewel kuliner pati

Gurihnya Sego Tewel Kuliner khas Pati

Tewel atau gori adalah nangka muda. Maka, Sego Tewel berarti nasi sayur nangka muda. Sesuai namanya, selain cabai hijau, hidangan ini hanya berisi nasi, dan kuah sayur nangka muda. Disajikan beralaskan daun jati, sego tewel hanya berteman lauk tempe goreng. Citarasa yang dihasilkan adalah gurih dan pedas.

Kesederhanaan inilah yang menjadi daya tarik otentik Sego Tewel. Era sosial media membuat Sego Tewel menjadi primadona wisata kuliner Pati yang semakin banyak diburu.

Kuliner Sego Tewel banyak ditemui di daerah Pati bagian selatan. Tepatnya di Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo. Banyak penjual Sego Tewel berjajar di jalan Desa Tambakromo. Salah satunya yang cukup legendaris adalah Sego Tewel Mbak Siti.

sego tewel kuliner pati
[foto by murianews.com]

Siti Sofiah (45), pemilik warung ini berjualan sejak 1998. Siti merupakan generasi ketiga, meneruskan mertua dan neneknya. Resep turun temurun inilah yang membuat sego tewel warungnya tetap terjaga citarasanya sejak dahulu. Tidak mengherankan jika warung yang buka pukul 16.30 WIB sudah tutup karena habis dagangannya sebelum pukul 20.00 WIB.

Meski, menurut Siti, sudah menyediakan 30 kg beras dan sayur tewel sebanyak 3 panci besar. Tetapi dalam waktu kurang dari 3 jam, selalu ludes diserbu penggemar masakannya.

Tidak ada rahasia khusus yang dipakainya. Siti hanya mempertahankan cita rasa klasik warisan kuliner leluhur. Contohnya, meski banyak warung Sego Tewel yang mulai menyediakan lauk komplit, warung Mbak Siti tetap hanya menyajikan lauk tempe goreng. Selingannya paling krupuk dan buah pisang.

Harganya pun sangat terjangkau. Satu porsi sego tewel dihargai 3 ribu rupiah saja. Tak ayal, satu orang dengan menu sego tewel, minuman, tempe, kerupuk atau peyek bisa dipastikan tak akan lebih dari Rp 10 ribu.

Saat ini, Warung Sego Tewel Mbak Siti memiliki lima karyawan yang ikut membantu memasak, cuci piring, hingga melayani pembeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.