14 November 2019 dr moewardi pahlawan asal pati

Moewardi Bapak Pandu dan Pahlawan Nasional Asal Pati

dr moewardi pahlawan asal pati

Moewardi ahir di Desa Randukuning, Pati, Jawa Tengah, Rebo Pahing 30 Januari 1907. Merupakan putera ke-7 dari Mas Sastrowardojo dan Roepeni, seorang mantri guru. Moewardi memiliki 13-saudara, laki-laki dan perempuan.

Moewardi adalah dokter lulusan STOVIA atau Sekolah Dokter Bumi Putera di Jakarta. Setelah lulus, Moewardi muda melanjutkan pendidikan Spesialisasi Telinga Hidung Tenggorokan (THT) di Geneeskundig Hoogeschool (GH) Salemba dan menjadi asisten pada rumah sakit CBZ, yang kini berubah nama menjadi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Ia resmi menjadi dokter spesialis pada tahun 1939.

Dokter Moewardi kemudian lebih dikenal dengan “Dokter Gembel”. Karena dokter itu senang bergaul dengan gembel daripada golongan atas.

Selain mengabdikan hidup untuk masyarakat miskin, Moewardi juga aktif di organisasi. Tanggal 13 September 1930 melalui prakarsa seorang pemuda Moewardi lahirlah kepanduan baru di Jakarta. Sebagai penjelmaan dari bersatunya tiga organisasi kepanduan di Indonesia yaitu Pandu Kebangsaan, Pandu Pemuda Sumatra dan Indonesische Nationaal Padvinders Organisatie.

Organisai kepanduan yang menjadi cikal bakal Pramuka itu bernama : Kepanduan Bangsa Indonesia.

Di Solo, Dr.Moewardi mendirikan sekolah kedokteran. Dokter Moewardi juga bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Jebres, Solo.

Hingga pada 13 September 1948. Tepat delapan belas tahun dari berdirinya Kepanduan Bangsa Indonesia. Hari itu Dokter Moewardi berangkat ke rumah sakit Jebres dengan menggunakan kendaraan andong untuk melakukan operasi terhadap seorang pasien, seorang anak yang menderita sakit parah.

Tapi sejak itu dokter yang penuh dedikasi itu tidak pulang lagi selama-lamanya, hilang tak tentu di mana.

dr moewardi pahlawan asal pati

Dr Moewardi dianugerahi gelar pahlawan melalui SK Presiden RI No 190 tahun 1964. Kini namanya diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah Surakarta. Namanya juga diabadikan sebagai sebuah nama jalan di Jakarta,Solo dan Denpasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.