13 Oktober 2019 kuliner getuk runting makanan khas pati

Makanan khas Pati : Gethuk runting

kuliner getuk runting makanan khas pati

Selain Petis Kambing, Desa Runting memiliki satu lagi kuliner khas, yaitu Getuk runting. Getuk runting Pati adalah jajanan pasar khas dari Desa Runting, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Gethuk runting terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau singkong dengan taburan parutan kelapa dan gula merah di atasnya.

Gethuk runting berbahan dasar singkong. Singkong awalnya dikukus hingga matang, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah sedikit garam untuk menambahkan rasa gurih. Getuk ini umumnya disajikan dengan tambahan taburan kelapa parut yang disiram gula kelapa, atau ditambah serundeng. Kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Harga getuk runting Pati sangat terjangkau. Uniknya, harga makan ditempat seporsinya dihargai Rp 2.000 hingga Rp 2.500 rupiah. Sedangkan kalau dibungkus harganya Rp. 1.000 hingga Rp. 1.500 saja. Beda harga ini karena porsi makan ditempat lebih banyak dibanding porsi bungkus untuk dibawa.

Gethuk runting bisa dijumpai di sepanjang jalan Pati-Tayu yang menjadi wilayah Desa Runting. Getuk runting memiliki cita rasa yang manis, pulen, empuk, sedikit lengket, dan gurih.

Lokasi sekitaran Getuk Runting Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.