15 April 2018 kecap cap lele oleh-oleh khas pati

Kecap Cap Ikan Lele Pati yang Legendaris

Lebih dikenal dengan Kecap Lele. Merupakan kecap legendaris produksi Pati. Ini disebabkan sebagian besar masyarakat Pati lebih memilih menggunakan kecap produksi lokal Pati. Maka tidak mengherankan jika salah satu produk kecap lokal ini dikenal luas oleh warga Pati.

Sebetulnya ada beberapa merk kecap lokal lainnya. Seperti Kecap Cap Gentong, Kecap Cap 3 Bukur, dan beberapa lainnya. Tapi sepertinya yang sudah mulai dikembangkan serius dalam pemasarannya adalah Kecap Cap Ikan Lele ini.

Alasan masyarakat Pati lebih memilih kecap-kecap produksi Pati adalah karena rasa manis, kekentalan, dan racikan bahan-bahan bercampur rempah yang lebih mantap dibanding kecap produksi massal yang beredar di pasaran. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kuliner-kuliner khas Pati yang menonjolkan rasa manis dan kuah yang pekat.

Kecap Lele sendiri didirikan pada tahun 1954 oleh Guna Pranoto (Go Tjwan Hok), dan lokasi awalnya berada di Jln. Rogowongso No. 28 – sebelah timur pasar Rogowangsan Pati, Jawa Tengah.

Awalnya, sekitar tahun 1953, perusahaan ini hanya berupa sebuah toko kecil yang menjual bumbu masak dan kecap yang belum memiliki merek, dengan volume penjualan kecil.

Metode pemasaran kecap inipun hanya dengan dijual sendiri keliling kota dengan mengendarai sepeda oleh pemiliknya yaitu Guna Pranoto. Setahun kemudian toko kecil ini berkembang pesat, sehingga kemudian kecap yang diproduksi diberi merek “Ikan Lele”.

Nama awalnya adalah Perusahaan Kecap cap “Ikan Lele Ny. Go Tjwan Hok” dan telah memiliki ijin dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1988 yaitu Nomor SP 18/11.24/88.

Dengan perkembangan konsume, dibutuhkan pabrik yang lebih luas dan longgar maka lokasi Perusahaan kecap “Ikan Lele” dipindahkan ke lokasi baru Jl. Raya Pati-Juwana Km. 3, Jawa Tengah.

Saat ini, usaha yang sudah diteruskan oleh Gunawan Pranoto ini mulai dipasarkan ke beberapa kota dan juga dijual di marketplace online. Kecap Lele Pati tersedia dalam berbagai ukuran dan kemasan. Baik botol maupun dalam sachet plastik. Mulai dari sachet 50 ml, sachet 340 ml, sachet 680 ml,  Botol 200 ml dan 600 ml, juga tersedia dalam kemasan Jerigen 7 liter.

Kecap Cap Ikan Lele yang legendaris ini cocok jadi oleh-oleh dari Pati karena kekhasan rasanya sulit dijumpai di kecap-kecap merk terkenal.

[credit photo by patinews.com]

Incoming search terms:

Pabrik Kecap Lele Kabupaten Pati Jawa Tengah,kecap lele

Satu tanggapan untuk “Kecap Cap Ikan Lele Pati yang Legendaris

  1. kami dari restoran sederhana Merdeka Palembang, selama ini sudah memakai kecap lele dalam jumlah 25 kg per bulan, namun kami kesulitan untuk mendapatkan kemasan jerigen 7 liter, kenana kami bisa pesan dari kota semarang..? trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.