12 Juli 2019 soto kemiri kuliner pati

Gurihnya Soto Ayam Kemiri Pati

soto kemiri kuliner pati

Selain bumbu kemiri, syarat utama untuk membuat soto kemiri adalah jenis daging ayam yang digunakan harus daging ayam kampung atau ayam merah. Alasannya, rasa kaldu yang dihasilkan daging ayam kampung atau ayam merah lebih sedap.

Walaupun menggunakan santan, tapi kuah kaldu soto kemiri tidak terlihat terlalu kental seperti jenis soto lain yang juga menggunakan santan. Hal ini bisa jadi karena penyajian soto kemiri yang unik. Saat disajikan, kuah kaldu soto kemiri dituangkan ke dalam mangkuk yang telah berisi nasi, daging ayam, toge, serta bahan soto lainnya. Setelah itu, kuah dituangkan kembali ke dalam kuali. Proses ini dilakukan beberapa kali, sehingga rasa gurih sangat terasa.

Dalam resep soto ayam ini, bumbu yang digunakan bukan hanya kemiri. Bumbu lain yang digunakan selain kemiri adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kencur. Sebelum dihaluskan bersama bumbu-bumbu tersebut, kemiri disangrai terlebih dahulu agar rasa dan aromanya semakin keluar.

Cara membuat soto kemiri cukup sederhana. Bumbu yang telah disebutkan di atas dihaluskan lalu ditumis bersama daun salam hingga harum. Setelah itu, bumbu dimasukkan ke dalam rebusan ayam. Tambahkan Royco Kaldu Bubuk untuk menambah kelezatan kuah kaldu soto kemiri ini . Setelah ayam matang dan empuk, tiriskan ayam. Suwir dagingnya, lalu masukkan kembali bersama bahan soto lainnya. Masukkan santan, lalu masak sampai matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.